Manchester United

Akibat Gw Awam XML

Payah. Niat hati memperbaiki script bugs di blog gw, yang ada malah gw kerepotan ngelayout lagi dari awal dan gak bisa balik kek sebelumnya.

XML, widget, apa kek namanya yang ada di new blogger terus terang gw gak friendly. Gw emang blogger kuno konservatif yang demen pake template classic. Alasan gw simple. Gampang di edit kode HTML-nya. Secara kalo pake XML gw suka keder sendiri. Contohnya gini, nambahin LINK di new blogger kan udah ada pilihannya buat bikin blogroll. Masalahnya, kalo diklik, tu niban page kita. Gak _blank kalo dalam bahasa HTML. Mungkin bisa, asal mau repot ngedit CSS-nya. Dan CSS XML juga setali tiga dollar sama code-nya. Bikin kepala gw mendadak jadi gatel. Buat ngakalinnya, ya gw gak milih pilihan blogroll, tapi html/java script. Emang sih jadi gak bisa auto-sort.

Bugs pada template kemaren adalah: gw gak bisa nambah page element. Sekarang ganti istilah, bukan page element. Tapi gadget. Setiap gw klik Add a Gadget, gak pernah bisa. Pesan yang muncul adalah seperti ini:


Pas gw klik help, tetap saja gw muter-muter doang gak keruan. Padahal gw perlu nambah buat blogroll n tag/label. Gw udah berusaha bikin manual dari HTML. Tapi yang ada code gw gak bisa diterima browser. KAMPRET! Jalan satu-satunya adalah, re-design/re-layout. Dan artinya gw harus copy paste kode dari awal secara default. Polos. Belum ada shoutbox, profile gw masih nampak di sana, dll. Terus terang, nampilin profile adalah hal yang gak penting buat gw. Siapa gw? Dan malah akan bikin orang bingung pas di klik, secara blog gw kan banyak. Bukan nyombong, agar gak bikin bingung saja. Kasus ilangnya eghy.blogspot.com dan eghy.net yang [sampe sekarang] belum juga bisa diakses aja udah bikin orang mulai ngelupain gw, apalagi kalo tau blog-blog gw yang laen? Except emang sengaja buka blog gw yang lain. Ngerti gak? Maksud gw gini loh, blog gw yang lain tu cuma iseng, dan sifatnya spesifik sesuai dengan topik. Takutnya, pas buka dan menganggap dia telah tersesat dan gak kembali, makin dilupakanlah gw.

Njut.

Bedah blog dimulai. Langkah pertama, gw buka dua jendela yang isinya sama-sama membuka bagian edit HTML. Kenapa harus 2 tab jendela? Gw lagi males ngeback-up HTML. Jadi daripada gw capek copas, mending liat aja dengan cara loncat tab. Ngerti kan? Jendela pertama, tu HTML versi sebelumnya. Secara lay-out gak masalah tapi cuma gak bisa nambah element/gadget. Jendela kedua, versi ulang. Gw ulang dari pertama, gw edit, masukin yang perlu and buang yang gak perlu. Tapi ide malas gw untuk back-up ini jadi bukti kecekakan otak gw. Dan terlalu mengharapkan daya ingat browser juga bukti gw emang bego.

Ceritanya gini. Gw udah mulai restore kode HTML dari mula di jendela 2. Setelah itu gw save. Kenapa gak gw preview saja, jadi kalo ada kesalahan bisa diedit karena toh belum ke-save? Harus gw save, karena buat ngetest Edit Layout blogger jalan gak. Menu Add a Gadget-nya bisa dipake gak?

Gw save. Gw view di tab baru lagi. Polos. Belum ada shout box, dll. Postingan juga belum dipotong. Tapi gapapa. Bisa menyusul. Gw klik jendela 2. Menu Add a Gadget jalan. Yess. Tinggal masukin element-element. Pertama buat motong postingan biar bisa muncul Read more. Gw klik jendela 1. Posisi di tab Page Elements! Bodoh. Seharusnya posisi Edit HTML sudah kebuka. Karena kalo belum, dia akan baca HTML yang baru. Bener. Gw klik Edit HTML. Dan sama kondisinya dengan yang di jendela 2! Tolol banget gw tadi gak gw back-up.

Gw belum nyerah. Di jendela 2 gw teken tombol back dengan harapan bisa kembali ke awal sebelum gw edit. Dengan gitu gw masih bisa backup HTML-nya. Tapi ingetan firefox 3.0.1 juga gak secanggih harapan gw. Walhasil capek lah gw masukin satu-satu. Dan, Add a Gadget di bagian footer mengalamai tanda-tanda kek sebelumnya, error. Pesan ini kembali muncul menghantui gw:


Untung di bagian utama, Add a Gadget-nya berfungsi. Gw pun memasukkan blog roll. Dan karena gw gak tau cara ngakalin biar target klik blank [kebuka jendela/tab baru], gw pilih element HTML/Java Script. Soal ngurutin/sort manual juga bisa. Element blog roll, tag/label udah masuk. Shout box juga. Yang gak bisa adalah status YM dan bikin Read more postingan. Tanpa motong postingan, blog gw yang seiprit ini makin terlihat sempit. Setiap gw ngedit CSS, pesan error kembali datang. BANGSAT! Pesan bodoh blogger yang bikin gw makin terlihat bodoh. Ngedit CSS di bagian Style sih bisa. Hasilnya memang postingan gw kepotong. Tapi Read more... belum ada. Pas gw masukin code di bagian body untuk nampilin Read more.., yang muncul adalah pesan error lagih! Sapi!

Kegagalan ini nyaris bikin gw bete dan merevert ke classic template. Gw udah googling cari siluet cewek naked, hot ato apa lah biar sekalian ngilangin bete ma new blogger, eh ga nemu. Masang Keeley Hazell sebagai backround ya bukan ide briliant. Akhirnya gw pasrah, tanpa Read more... Makin sempit - makin sempit deh blog gw.

Sempet 2 hari gw cuekin ni blog karena gw [kembali] bolos ngantor. Baru hari ini gw lanjutin. Sementara gw udah cukup puas. Tinggal motong postingan biar Read more.. Beberapa element udah gw masukin. Hit counter gw restart dari 1. The JomBlog lama bisa sampe 50 ribu hit selama 3 tahun. Semoga yang ini juga gak kalah.

Ps.
Gw lagi deket nih sama salah satu celeb kita. Gak gitu ngetop sih. Dan gw juga gak gitu ngarep. Siapa gw? Eh, bukan Rere ya. Tau tu anak ngilang ke mana. Kontraknya ma Gentha udah abis kali.

0 comments: