Manchester United

DotComplain

Gw posting ini sebenernya beresiko dengan karir gw di JobsDB. Tapi gapapa. Doa gw sih gak ada yang baca baik karyawan apalagi boss. Secara kerja mereka kan cuma duduk, browsing, googling. Jadi sangat mungkin sekali postingan gw ini "ketangkep".

Kemaren pas abis Jum'atan, di atas gw mendapati duo boss gw [Pak Wien n Pak Jeff] lagi ada di area kubikal. Sempet ketar-ketir juga mereka sweeping komputer saat kita gak ada.

Ada aturan di sini yang cukup menyebalkan, gak boleh instal apapun ke kompi. Memang kerja kita gak nuntut kita pake macem-macem sih. Browser sama SIS [Software JobsDB] juga cukup. Browser pake IE. JobsDB kan emang IE recomended.

Gw pribadi juga gak suka instal yang aneh-aneh. Tapi karena gw Firefox minded, terpaksa gw "nginstal" Firefox 3.0.1. Lebih tepatnya menyimpan di komputer. Karena gw pake Firefox portable [bisa didownload di PortableApps.com↑] yang bisa dipake plug n play. Pake flash disc juga bisa. Walhasil, dari semua BDA yang di sini, cuma gw yang pake Firefox. Yang lain gak ada yang berani [ato gak mau?]. Padahal gw paling junior loh di sini.

YM. Gw juga bukan maniac chat kek temen gw [bukan temen di sini] suka pada ngegosip di TriAngle. Gw sangat menghindari chatroom. Pm-an juga sama yang gw kenal deket. Ada add tanpa info siapa dia biasanya gw cuekin. Jadi gw gak gitu masalah kok kalo YM-an dari web ato meebo. Kegiatan yang keknya cuma gw en Sugih yang berani. Tau juga deh yang lain.

Blogging. Nah, kalo ini gw gak bisa stop. Ada 7 blog yang gw usahain untuk terus gw update. Termasuk yang ini. Tapi, kegiatan blogging gw rasa gak makan bandwith gede. Karena blog gw standar. Gak mengandung content yang berat kek video bokep, flash, dll.

Balik ke kejadian kemaren. Di lantai 3, ada 8 kompi yang konek internet dengan 4 BDA. Exclude di ruangan boss ya. Jadi ada 4 kompi katakanlah useless. Nah, pas gw dateng itu, mereka lagi unplugging koneksi 3 kompi yang gak kepake [1 buat admin]. Gw sempet worry juga karena pas gw keluar untuk Jum'atan, komputer gw sama sekali dalam kondisi gak safe untuk ukuran JobsDB. Firefox gw kebuka. 1 tab direktory perusahaan yang lagi gw entry ke SIS, dan beberapa tab blog gw, ePaper Kompas, dll. IE gw buka untuk web YM en blogger [SK]. Belum Windows Explorer juga gw buka. Padahal gw naro folder di My Document. Meski gw hide, tapi saat itu lagi gw buka, option tools dalam posisi view. Ada kali 120 MB-an. Banyak file-file yang gw dapet dari internet terutama kliping berita Prudential n MU.

Ilegal. Gw gak ngeles. Kegiatan gw mungkin ilegal. Tapi toh gak ganggu-ganggu amat kerjaan gw yang cuma entry data ke SIS dan telpon client. SIS gw cuma nampung 500 entry. Sedangkan gw nemu data perusahaan yang jumlahnya 50,000-an. Oke, karena gak boleh kembar sama BDA lain, gw masukin dari belakang [huruf Z]. Dan udah tiga bulan gw baru sampe huruf T. Gak bakal kehabisan data gw. Oke mungkin ada juga BDA lain yang ngopi data dari sini. Gw rasa dia akan mulai dari huruf A. Maka itu gw mulai dari huruf Z biar gak rebutan. Beberapa rekan gw di sini juga udah gw tawarin. Tapi gak pada mau. Mungkin gengsi. Saking banyaknya data gw dapet, gw bener-bener masukin data baru. Misal ada PT yang namanya ada. Meski avail alias gak ada yang punya, gw gak add. Gw cari yang bener-bener new data.

Intinya, meski belum ada closingan ;D, kerja gw gak jelek-jelek amat. Cuma absen gw aja yang payah. Maklum, gw kan punya tanggung jawab sama client Prudent gw. Tapi semua kegiatan gw gw rasa gak makan bandwith gede. Gw gak pernah buka YouTube di sini. Gak ada speaker mau dengerin pake six sense? Di sini gak ada musik. Karena emang kita sering telponan ma client. Ada sih radio kecil. Tapi apalah artinya musik sekecil itu buat gw. Tapi toh gw gak buka YouTube or download mp3 di sini.

Satu ujungnya, aneh buat gw kalo perusahaan dot com sekelas JobsDB.com komplen soal pemakean internet ke karyawannya. Aneh, cuma dengan alasan bandwith komputer lantai 2 koneksi diputus dan Mas Ray en Rah kalo mau pake Internet harus ke lantai 3. Aneh kalo perusahaan dot com sekelas JobsDB.com sampe harus bikin meeting mendadak karena katanya pemakean internet kita kelewatan. Aneh kalo kita cuma boleh browsing hanya di jam break dan after 4.30 pm. Aneh, itu pun terbatas hanya boleh imelan or FS-an. Aneh, untuk perusahaan yang cuma kasih gaji lima ratus ribu per-bulan -melanggar UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 Pasal 90 tentang Pengupahan- dan HANYA untuk 3 bulan pertama kalo make internet aja jadi masalah. Dengan fee segitu kalo bukan karena internet gw males lah doeloe waktu Rich nawarin gw kerja di sini. Rich aja cuma kuat 2 minggu. Aneh, yang kalo gak masuk kita harus rela dipotong meski udah ngabarin kalo kita gak masuk tapi hak internetan kita aja dibahas.

Ps.
Kemaren gw berhasil juga motong postingan jadi Readmore. Padahal cara yang gw pake tetep sama kek waktu awal pertama sebelum gw layout ulang, kedua dan didetect error sama blogger, n ketiga berhasil juga. Caranya, masih tetep sama. So, tinggal nambahin status YM, kasih animasi butterfly [mascot blog ini] en kasih marquee di akhir post tentang hal-hal unik yang pantas kita ketahui.

0 comments: