Manchester United

Debut Pemilu: Fajar Gak Nyerang Yak?

Gw sampe ngerelain Marlboro Light gw sebungkus-bungkusnya pas dia tereak mulu: "Om Ediiiiiiiiiii, okoknya manaaa....!!!"
---

Maaf sebelumnya, baru sempet posting lagi. Sebagai tim sukses relawan caleg, beberapa hari belakangan ini "agak" sibuk. Sibuk ngitungin suara en sibuk menjawab pertanyaan orang: "Gimana, Ghy, caleg lo? Jadi gak?"

Tapi karena Pemilu kita adalah Pemilu yang paling-aneh-bin-ribet-bin-acak-acakan, yang ada gw malah cuma bisa nunggu. Gimana enggak? Gw data suara dari bawah [TPS] ya gak maksimal. Selain terlalu banyaknya jumlah TPS yang harus gw data [dapil Jakbar ada 3,467 TPS!], beberapa petugas KPPS kurang bekerja dengan baik. Banyak di antara mereka yang "gak ngerti" pencatatan. Yang ada gw suka kerutin jidat baca laporan dari rekan saksi yang melaporkan perhitungan suara dari TPS. Misal, tau sendiri ada yang namanya suara partai [aja] dan suara total partai [suara partai aja + suara caleg]. Banyak rekan saksi yang kurang perhatiin suara partai aja berapa. Padahal berdasarkan pengalaman, sistem pencontrengan yang ribet, banyak melahirkan suara ini. Kalo kadang suara partai aja gak ditulis, gw suka cari taunya dengan cara liat hasil total suara partai [lembar 2 laporan saksi]. Kalo di lembar 1 total suara partai misal 9, sedangkan di lembar 2 dituliskan 11, artinya ada 2 suara partai saja. Kalo sama ya artinya gak ada suara partai saja. Nah yang sering gw hadapi adalah: suara total partai di lembar kedua justru lebih kecil! *ngerti gak?* Artinya ya yang nulis gebleks!

Gw ke kecamatan luamma luar biasa. Pernah dalam seharian cuma kelar ngitung 12 TPS. 3,467 TPS kelarnya berapa hari?

Gw ambil cara simple: Internet. Sialnya, dari sekian banyak web KPU, cuma KPU Pusat yang ada tabulasi perhitungan suara [http://www.kpu.go.id]. Itu pun 'cuma' perolehan suara partai nasional. Suara caleg gak ada. Boro-boro caleg DPRD, caleg DPR-RI aja gak ada! Di web KPUD malah lebih buruk. Ada sih data suara, tapi tu data suara pemilu taun kuda! Last but not least: GW PASRAH MENUNGGU.

Di d-day pencontrengan, gw begadang sampe pagi. Hebatnya, gak ada fajar yang berani nyerang di lingkungan gw. Kalo ada kan lumayan :P. Kali ini gw bisa pake hak pilih gw meski ni bukan wilayah gw. Gak percuma dunk gw jadi tim sukses, asal mau sedikit ribet. Bukan sih gw nyalahin, bagi mereka yang gak terdaftar di DPT, kalo udah tau KPU kita payah, ya mau lah sedikit usaha. Untuk yang bener-bener pengen nyontreng ya. Yang setengah-setengah sih gak usah. Apalagi yang golput kek gw sebelumnya. Kan ada form A5? Tapi jangan pas mepet hari. Taro lah 2 bulan sebelum d-day, cek nama di kelurahan. Kalo gak terdaftar di DPT, minta form A5. Kalo udah gak terdaftar, tapi malah ngomel 'doang' gak ada usaha maksi, ya sama dodolnya dunk ma KPU? Udah KPU dodol, kita gak boleh ikutan dodol. Bukan menggurui, just opinion.

Karena bukan wilayah gw, hampir dikatakan gak ada yang tau nama asli gw. Sialnya, menjelang gw dipanggil, Azizi [anaknya Didit yang paling kecil. Kita ke TPS emang bareng sekeluarga caleg] rewel banget. Gw sampe ngerelain Marlboro Light gw sebungkus-bungkusnya pas dia tereak mulu: "Om Ediiiiiiiiiii, okoknya manaaa....!!!" Cadas, anak kecil mainannya rokok. Azizi emang gw bisa lempeng nyebut nama gw. Pas nama gw dipanggil, beberapa ada yang aneh kali, karena Azizi manggil gw 'Edi' tapi dipanggilnya bukan. Gw sih berusaha cuek. Di bilik gw sebelahan banget ma caleg gw. Gak penting mungkin. Tapi jarang juga kan bisa nyontreng sebelahan ma caleg yang kita usung di bilik suara. Belum kelar gw nyontreng, terdengar suara keras dari Azizi: "OM EDIIIIIIIIII, ITUUUUUUUUUUTTTTT....!!!!" dan nyusul gw ke bilik suara!

["]quote of the day["]

Me: Duh, dari tadi ngomongin politik terus. Gak bosen apa?
Jin: Loh, kita kan tim sukses caleg. Gimana sih lo?
Me: Yang simple aja gw gak tau. Lo tau gak bedanya MPR-RI sama DPR-RI? MPR-RI yang milih siapa?
Jin: MPR majelis, DPR dewan.
Me: Maksud gw, mereka orangnya itu-itu juga ato beda-beda?
Jin: Beda-beda.
Diq: Sama aja.
Me: ?!?


[FYI] Edwin van Der Sar adalah kiper terlama yang mencatat clean sheet se-Britania Raya, yakni dalam 1.311 menit [14 pertandingan berturut-turut]. Ada yang tau rekor clean shit sedunia?

0 comments: