Manchester United

Inflasi di Zimbabwe


---

Pre-post:
Dapet dari milis udah lama sih. Tapi keknya masih seru. Secara di negara kita juga lagi jelek banget nilai rupiah.

Ini bukanlah harga makanan termahal di dunia, bukan juga biaya makan siang Donald Trump ataupun Bill Gates tapi ini biaya makan yang harus dikeluarkan oleh rakyat Zimbabwe yang merupakan penduduk termiskin di dunia.


Ya, uang pecahan 500 juta dollar Zimbabwe yang baru saja dicetak pada Mei 2008 ini hanya bernilai sekitar 2 dollar amerika atau hanya cukup untuk sekali makan saja.


Zimbabwe saat ini pemegang rekor inflasi terbesar di dunia yaitu 2,200,000 % (2,2 juta persen!), parahnya lagi harga-harga melambung begitu cepat hanya dalam hitungan menit bahkan detik tak heran jika karyawan toko-toko di zimbabwe begitu sibuk mengganti label harga jika terjadi perubahan harga. Pada tanggal 20 Juli 2008 ini bank Zimbabwe juga menerbitkan pecahan uang sebesar 100 Milyar Dollar! yang merupakan rekor pecahan uang dengan nominal terbesar di dunia. Zimbabwe memang memegang banyak rekor dunia, tapi sayang semua rekor itu tidak ada yang membanggakan.

Suasana pasar di Zimbabwe:


Harganya itu loh, CADAAAAAS......!!

Mau beli sayur:


Mau beli telor:


Berapa ya harga ayam di sana?


Bayar bill makan:


Abis makan aus beli minum:


Kalo gajian, nyewa tukang becak buat bawa duitnya:


Gembel aja di sana banyak duit:


Apalagi anak saudagar:


Berat bawa duit? Tukerin ke dollar Amerika. Tukarkan dengan cara... itung satu-satu DITIMBANG:


Di sana kalo mau FB-an ke warnet, kek gini kali ya keluar kosan?


["]quote of the day["]

Me: Aku mandi dulu gak, Ma?
Mom: Eh, gak boleh. Lagi sakit JANGAN mandi!
Me: Tapi minimal aku cuci muka gosok gigi lah. Biar sakit aku kan tetap harus menjaga standar ketampananku juga, Ma...
Mom: Innalillahi...!


[FYI] Charlie Sheen, seorang badboy Hollywood, pernah menghabiskan $ 50 ribu untuk menyewa cewek, mengklaim pernah meniduri setidaknya 5 ribu cewek [termasuk di antaranya 5 cewek dalam waktu semalam], pernah berkencan dengan bintan film porno Ginger Lynn Allen, menembak pacarnya -Kelly Preston- secara tidak sengaja, serta meniduri 10 pelacur dalam semalam di Amsterdam! Ckckck... really really badboy...

0 comments: