Manchester United

Between Blog, Twitter en Facebook

Login di twitter. Buka: http://twitter.com/widgets. Pilih facebook lalu klik Continue >>.
---

Waktu itu ada yang nanya ma gw tentang guna twitter. Fungsinya apa? Sama blog en FB okean mana?

Sekilas aja ya. Ini pendapat pribadi gw. Twitter itu bukan tandingannya blog ato FB. But completely. Sebagai pelengkap aja. Untuk yang belum punya blog karena males update ato bingung blognya mau diisi apa, twitter bisa sebagai solusinya. Karena cuma 140 karakter, jadi lu gak perlu stres cari bahan postingan. Lu posting kalo lo lagi kentut juga gapapa. Contoh: Kok kentut gw bau sofell ya? Simple, kan?

Trus kalo udah punya blog, twitter buat apa?

Gw ngupdate blog tetep gak bisa tiap hari. Andaikan gw ol tiap hari juga, belum tentu gw update tiap hari. Except blog gw blog berita ya. Dan gw juga gak mo iseng-isengan gitu nyaingin detik. Secara gw gak update tiap hari ni blog, twitter bisa sebagai penolong gw. Kalo lagi ol di kompi, gw bisa update minimum sejam sekali. Gw lagi merkosa nenek-nenek sebelah, ngembat jemuran anak kos baru di atas, salah ngetik di report PR ponakan gw Obama jadi Osama juga kadang gw posting. Gw juga bisa update dari hp kalo lagi gak ol dari kompi. Ato dari kantor. Di kantor blogging gw suka risih. Tapi tweeting? Gak masalah. FB sih udah lama diblock di kantor. Bete juga sih.

Ada blog, FB en twitter. Bisa gak dilink? Let's try.

Blog » FB
Cara masukin blog di FB ato profile FB udah pernah gw bahas ya? For reminder nih gw kasih linknya.

Tapi jangan tanya ya fungsinya blog kita ada di FB buat apa? Entah cuma pamer dengan cara nampilin thumbnailnya, ato ada fungsi yang lain. Gw pribadi gak gitu merhatiin. Lagian di FB ada aplikasi Notes selain Wall. Gw rasa banyak temen-temen yang "malah" blogging di sini. Gapapa juga sih? Secara cepet pula cari comment-nya, ya gak?

FB » blog
Masukin FB ke blog? Ada yang namanya Badge di FB. Semacam banner. Jadi bisa kita taro di blog kita. Caranya? Standar lah. Klik Create a Profile Badge di FB. Di sebelah kanan Edit this badge untuk mengedit badge kita. Di sini kita bisa pilih bentuknya mo vertical apa horizontal. Apa aja yang mau ditampilin di badge juga bisa kita pilih. Kalo udah di bawah klik Save.

Ada 3 widget yang bisa lo pilih, Blogger, myspace dan TypePad. Kalo mo copas manual juga bisa. Klik Copy lalu klik kanan copy atau ctrl + c. Paste di tempat di mana mau kita taro. Beres. Contohnya ada di bagian bawah blog ini.

Blog » twitter
*garukh-garukh*

Update blog otomatis ke twitter gw rasa weird deh. Secara kapasitasnya beda. Bisa sih mungkin tapi kepenggal. Misal 140 karakter pertama postingan. Tapi buat apa? Untuk fungsi ini gw lebih suka pake Feedburner, sebuah RSS feed yang udah kesohor. Ada kok contohnya di bawah. Jadi, step ini gw skip ya? Yang masih ngotot boleh japri ke gw. Sama aja kek pertanyaan, gimana mindahin sumur ke dalam botol!

Twitter » blog
Update twitter otomatis ke post blog? Gw juga belum cari tuh. Useless juga kata gw. Mending juga twitternya yang ditaro di blog. Gapapa kalo terkesan blog dalam blog. Toh visitor juga tau kok gunanya twitter di sini buat apa? Bukan pengganti post blog. Semacam appetizer [moga gw gak salah tulis]. Post blog kita main course-nya. Desertnya? Ya shout box ato comment visitor lah.

Naro twitter di blog juga gak gitu sulit. Meski pas mula gw sampe dibantu google karena gw gak jeli melihat tulisan di twitter. Caranya, klik Settings. Di bagian depan atau Account, cari tulisan: Have a homepage or a blog? Put the address here. (You can also add Twitter to your site here). Klik tulisan ini. Larinya ke: http://twitter.com/widgets. Ato kalo males, langsung buka url ini juga gapapa. Ada "Where do you want to put it?" klik di mana kita mau naro twitter. Kalo blogger ya klik blogger. Lalu klik Continue >> di bawah kanan. Pilih berapa post yang mau ditaro. Untuk yang make new blogger, bisa langsung klik gambar Add to Blogger. Untuk yang pake classic blogger, bisa pilih grab this code. Blogger baru juga bisa ngegrab kok. Tinggal copas deh di mana kita mau taro. Jelas, ya?

Twitter » FB
Login di twitter. Buka: http://twitter.com/widgets. Pilih facebook lalu klik Continue >>. Klik Instal Twitter in Facebook. Login di FB. Muncul aplikasi Twitter di FB. Klik Allow.

Pas gw bikin postingan ini, entah kenapa gak bisa. Tapi pas gw sabar n diminta login ke twitter, larinya ke sini: http://apps.facebook.com/twitter/timeline. Klik aja + Allow Twitter to Update Your Facebook Status. Klik Allow Status Updates. Beres. Sekarang tiap kita tweeting otomatis status FB juga ke-update.

Fyi, di twitter kita bisa posting sambil "ngabsen" user lain. Bisa juga berupa reply-an. Caranya adalah dengan mengetik "@" lalu user. Misal "@eghydotnet" [tanpa kutip]. Nah, twetting yang kek gini gak masuk ya di status FB. Tapi kalo link biasa sih masuk. Misal tweeting: "baca berita http://detik.com". Masuk ke FB nih yang kek gini.

FB » twitter
Mosting di wall/notes FB bisa otomatis lari/ngupdate twitter gak? Sayangnya enggak. Iya lah, kek kasus yang gw sebut tadi blog to twitter. Twitter kan terbatas cuma 140 karakter. Kalo mo update twitter dari FB, buka aja:
http://www.facebook.com/apps/application.php?id=2231777543
ato
http://apps.new.facebook.com/twitter/timeline. Nah, ada limitnya juga. Ya 140 katakter.

Jelas ya? Semoga membantu. ^_^



["]quote of the day["]

Kenalan: Gw juga baru keluar.
Me: Dari?
Kenalan: Penjara.
Me: What?! *alah paling narkoba* Kenapa?!
Kenalan: Bunuh orang.
Me: *glekh!* Mati?
Kenalan: Di tempat.
Me: *no comment*


[FYI] Ada lowongan di Kompas Cyber Media jadi Video Journalist. Link. Dapet video segar japri ya, boss....

0 comments: