Manchester United

Benda Ini Bernama BB (Batu Bata)

Kadang gak diapa-apain ni Batu Bata loading sendiri. Dan itu bisa lama banget. Gw pernah sabar menanti, 2 jam juga masih loading. Gak sabar, gw pake cara classic: copot battery n pasang lagi.
---

Akhirnya kesampaian (read: sempet) juga gw membuat tulisan tentang kekesalan gw pada BlackBerry Batu Bata gw ini. Sebuah hal yang jauh dari dugaan saya. Tentang sebuah gadget yang menjadi inspirasi gadget-gadget sejenis untuk ditiru. Sebuah gadget yang menjadi trend setter sekaligus pembunuh gadget versi komunikator.

Awalnya gw gak berencana untuk beli BB. Seperti biasa aja, sebagai anak kost dengan kondisi keuangan yang biasa saja (baca: always defisit), BB termasuk barang mewah buat gw. Apalagi gw bukan pemegang credit card yang bisa beli barang meski lagi gak punya duit. Tapi Alhamdulillah, pas ada rejeki gw langsung beli. Soal belinya di mana, toko atau counter apa gw gak sebutin. Gw cuma mau membahas BB untuk saat ini. Bukan yang jual. Sepakat?

Pilihan gw jatuh pada varian curve, yakni seri 8320. Kakaknya gemini lah. Pilihan gw ini juga karena harganya masuk. Bukan karena gw suka sama type ini. Seinget gw, gw beli dengan harga 1.6 juta. Murah lah untuk yang biasa make onyx.

Awal pertama gw nyalain, ini bener-bener pertama ya gw on-in, nyalanya lama. Bahkan dibanding hp nokia tuir gw, nokia gw masih lebih cepat. Tapi gw gak mau negatif dulu. Soalnya gw nyalainnya tanpa sim card dan tanpa micro sd. Kebetulan gw emang punya XL 10 digit yang belum gw pake. Why I choose XL untuk BB? Kebetulan rata-rata orang yang gw kenal yang make BB, mayoritas kartunya XL. That it's.

Sesampainya di kosan pasca sim card gw pasang, ni BB nyalanya emang lama. Masya Allah... Udah gitu sering loading-loading sendiri. Padahal internet en paket BB nya belum gw aktifin.

Beberapa hari kemudian, gw pasang micro sd yang 2 giga. Baru paket BB gw aktifin. Pake XL BB One yang sebulan 99 ribu. Kinerjanya? Sangat mengecewakan! Entah karena XL-nya atau BB-nya. Tapi gw yakin sih BB-nya.

» Sering Tiba-tiba Loading dan Luammaaaa!!!

Kadang gak diapa-apain ni Batu Bata loading sendiri. Dan itu bisa lama banget. Gw pernah sabar menanti, 2 jam juga masih loading. Gak sabar, gw pake cara classic: copot battery n pasang lagi. Dan biasanya pas udah nyala lagi, ada email/sms baru yang belum gw baca. Edan, sms doang aja loading lama. Gw sampe benci sama icon catur (pion) yang muter-muter itu! Pointer mouse ini sayang di gw gak bisa diganti. Atau bisa tapi gw yang gaptek. Kalo bisa mo ganti gambar Farah Quinn :P.

Untuk memperingan ni Batu Bata, gw jadi rajin ngapus-apusin email. Terutama email yang berattachment. Sms juga rajin gw bersihin dari inbox gw. Yahoo! Messenger juga jadi rajin gw sign out kalo lagi gak dipake. Padahal tadinya gw milih BB karena YM gw bisa always on. Secara YM gw buat online CS kantor gw↑. Selain YM, aplikasi lain yang sering gw sign out adalah FB dan Twitter for BB. Aplikasi lainnya gw gak sign out karena gw gak tau cara signout-nya yakni: UberTwitter dan sms. Beneran! Kalo sms bisa gw sign out gw sign out. Supaya gak lemot.

Apa solusinya saat BB gw hang gini?

Cara paling classic adalah copot dan pasang lagi battery-nya. Tapi karena capek bongkar casing n battery terus-terusan (secara sejam aja bisa 5 kali hang!!) gw pake soft reset yakni alt + aA + Del. Dan yang aneh, meski tombol aA di kanan dan kiri ada, di BB gw cuma bisa yang sebelah kanan aja untuk soft reset. Padahal tombol aA yang kiri fungsi loh. Mari kita bertanya pada RIM Rumput yang Bergoyang.

Puncak dari kelemotan BB gw ini adalah saat gw lagi pulang dari outing di Ciawi. Dalam perjalanan pulang, BB gw sering banget hang. Sejam bisa 10 kali hang. Selalu dengan sabar gw soft reset. Terakhir reset jump error. Ibarat komputer tu gak ketemu windowsnya. Loading terus sebelum BIOS. Stres gw! Ada list command yang katanya bisa digunakan. Tapi nyatanya fitnah belaka! Satu-satu command yang bisa dipake adalah reset. Hampir gw banting tu BB.

Setelah gw share di forum, kata mereka sih rata-rata OS Batu Bata gw yang bermasalah. Gw service (yang apesnya gak bisa pake garansi. Bayar cepek lah) sekarang AGAK mendingan. Inget ya, kata 'agak'-nya gw tebelin n capslock. Karena jujur saja, sampe gw nulis postingan ini, gw sering dikecewakan oleh Batu Bata ini.

» Transfer Data yang Ribet dan (Tetep) Luamma!

Ini transfer data dari BB ke komputer, dari komputer ke BB atau dari BB ke BB? Semua sama ribetnya!

Tranfer Data dari BB ke Komputer
Beda dengan hp lain yang bisa colok ke komputer/laptop dan langsung bisa dijadiin storage, BB memerlukan software khusus agar BB kebaca di komputer. Software ini bernama BB Desktop Manager. Di CD pembelian juga gw dapet. Tapi gak bisa gw instal di laptop gw. Semula gw instal saat BB gw belum ada micro sd. Gak bisa. Asumsi gw: Oh, mungkin harus pake memory kali ya instalnya. Esoknya pas BB udah pake micro sd, tetep aja gak bisa diinstal. Asumsi gw lagi: Oh, harus connect ke internet kali, ya? Tapi pas gw setup di kantor saat laptop gw connect ke internet, tetep gak bisa. Gw masih positive: Oh, mungkin BB nya yang harus on internetnya. Gw pun beli BB One yang sebulan. Dan tetep gak bisa. Asumsi gw masih tetep positive: Ni CD gembel bener!!! Kabel data gw yang rusak. Soalnya saat dipake di hp cewek gw juga gak bisa. Gw pun minta ganti kabel data. Tapi pake kabel data yang baru masih gak bisa juga diinstal. Padahal kali ini kedetect di hp cewek gw. Gw udah gak bisa positive lagi: Anjing gw dikerjain BB! Keparaaaaat!!!

Akhirnya gw ngalah. Gw download sendiri BB Desktop Manager dari web RIM. Puji Tuhan bisa. Tapi apakah masalah selesai? No. Gw bertemu dengan yang satu hal yang gw benci dari BB ini: LEMOT! BB Desktop Manager (BDM) sih kebukanya cepet. Tapi pas mindahin data dari BB ke laptop atau sebaliknya, bisa makan waktu pembangunan Tembok Raksasa di China dari awal sampe rampung! Di sini BDM pake yang namanya Roxio. Dan beberapa hari yang lalu gw nyerah. Card reader seharga 15 ribu kinerjanya masih lebih baik dibanding BDM dengan Roxionya dalam lalu lintas data. Hufh!

Transfer Data dari Komputer ke BB
Membaca cerita gw di atas gw yakin udah bisa nebak gimana resultnya. Setali tiga uang lah aka LEMOT! Kalau pake Roxio-nya BDM ya... Kalo pake reader sih cepet.

Note:
Tapi sepertinya gak semua BB bermasalah untuk urusan transfer data. Secara temen gw pake laptop gw, tanpa pake BDM dia bisa kedetect di windows explorer. Temen gw pakenya gemini. Sama-sama curve lah. Buat referensi kalian saja, jangan beli 8320 kalo gak mau senasib dengan gw.

Transfer Data BB ke BB atau Device Lain
Cara infra merah udah jelas kuno. Di sini pake bluetooth lah. Nah, di sini gw sempet dibikin keki. Pertama, enable-in dulu bluetooth BB. Setelah itu pairing/cari bluetooth yang mau dikonekin. Masukin pask key yang sama. BB dulu baru device yang mau dikonekin. Setelah pairing sukses, kalau mau transfer data dari BB, kita pilih dulu file yang mau dikirim. Lalu pilih: Send Using Bluetooth. Untuk menerima juga dari BB kita harus ditarik dulu file-nya sebelum disend dengan memilih: Receive Using Bluetooth. Jadi agak ribet dikit emang. Saran gw kalo sama-sama BB better kirim file via BBM, YM or email. Gw aja kalo laptop lagi connect internet, transfer filenya via YM or email. Pake Roxio mah bisa muntah darah dulu baru bisa file terkirim.

» Boros Battery

Gw termasuk gak bisa diem tangannya. Tapi kalo sehari bisa charge 10 kali mah kebangetan! Untuk itu gw melakukan beberapa upaya untuk penghematan battery gw:
- Resolusi warna pake yang paling redup. Tapi masih kelihatan kok.
- Sign out aplikasi yang gak dipake. Cupu juga sih. YM misalnya. Enaknya pake BB kan salah satunya karena YM kita bisa always on. Ini gw gak. Kalo gak penting gw sign out :(
- Resolusi camera pake yang paling kecil.
- Flash camera gw bikin Auto. Bukan On. Jadi kalau object yang gw foto pencahayaan cukup, flash gak akan nyala.
- Ringtone dengan suara low dan vibrate sekali ajah. Dan gak semua aplikasi gw bunyiin. Selain battery jadi boros, berisik pula. Masa iya tiap tweet masuk bunyi? Kalo gw follow 200 orang dan tweet bersamaan, bisa step gw dengernya. Walaupun itu cuma suara midi. Tadinya gw bunyiin kalo ada yang mention atau DM. Sekarang gak gw bunyiin sama sekali twitter gw. Toh akan kelihatan kok kalau seandainya ada yang mention atau DM.
- Di daerah yang low signal, BB gw matiin.

Udah gw lakukan berbagai cara ini, meski mendingan tapi tetap masih boros battery gw. Sehari rata-rata 3-4 charge. Sialnya, beberapa waktu yang lalu charger BB gw ilang. Alhasil, BB dan laptop jadi pasangan sejoli. Repot juga kemana-mana bawa laptop buat charge BB :(

» Camera 2 MP tapi Kualitas Setara dengan GAK LEBIH BAIK dari Camera VGA!

Semula gw kira karena monitor BB gw yang buram karena gw setting paling redup supaya hemat battery. Tapi pas gw liat di hp lain atau laptop, hasil bidikan pake BB gw mengenaskan kualitasnya. Padahal seinget gw 2 MP loh. Gak percaya? Ni contohnya bidikan pake BB gw, outdor dengan pencahayaan yang baik:



Maaf salah upload *semoga gak batal puasa gw* maksud gw yang ini:



Semua foto gak ada yang gw edit loh. Malah semula yang picture quality yang gw pake yang Normal (untuk menghemat battery), now gw set jadi Superfine. Dan foto-foto di atas gw pake Superfine. Dan hasilnya kalian bisa lihat sendiri. Mengenaskan bukan?

Masih ada beberapa hal lain yang gak enak dari Batu Bata gw ini. Seperti boros pulsa. Kebetulan gw pake XL. Paket Langganan unlimit sebulan 99 ribu. Ini aja bukan yang termahal. Karena operator lain ada yang sampe 150 ribu/bulan. Kalo mo harian juga mahal juga, 5 ribu/hari. Tapi ini aja dulu deh. Takut kalian yang mo beli BB jadi ilfil sama barang 'canggih' ini.

Meski gitu, gak adil rasanya kalo gw gak ceritain apa kelebihan BB yang gw pake. Beberapa di antaranya adalah:

» Push Mail

Kebetulan gw belum pernah punya hp yang lebih keren dari ini. Jadi gak bisa compare dengan layanan push mail device lain. Di luar konteks kelemotan BB gw, gw puas lah dengan push mailnya. Gw bisa kirim email ke client jam berapapun dengan mudah. Bisa attach file juga. Jadi jam 3 pagi sekalipun gw bisa bikin penawaran di laptop, gw save di BB lalu gw send by email. Udah gitu, push mail di BB satu untuk semua. Selain sms dan email, notify dari BlackBerry Messenger (BBM) -kecuali Groups-, Twitter for BlackBerry, Facebook for BlackBerry, Yahoo Messenger, semua bisa dilihat dari menu Message.

» BBM

Era mIRC udah lewat. Era Yahoo Messenger juga mulai kesaing. Sudah hadir aplikasi Slank Messenger Nexian Messenger BlackBerry Messenger di BB. Jadi makin autis lah para BB user karena setiap saat bisa chat dengan teman-teman via BBM. Bisa bikin Groups, pula. Gw sendiri bikin Groups, namanya: Dunia Outbound. Membernya baru 9 sih. Ni gw kasih barcodenya (yang jujur saja sampe detik ini gw gak tau cara baca barcode model gini gimana :D).



Di BBM ini kita bisa kirim file ke temen dengan mudahnya. Bisa gambar, lagu, kecuali duit tentunya.

» Aplikasi-aplikasi yang Menunjang Kenarsisan Eksistensi

Selain BBM, banyak aplikasi-aplikasi yang menunjang kegiatan kita sehari-hari. Baik yang resmi keluaran RIM maupun bukan. Sebut saja Twitter for BlackBerry, Facebook for BlackBerry, Yahoo Messenger, UberTwitter, Google Maps, etc. Kalo dulu nyari alamat gak ada orang yang ditanya bingung, sekarang bisa nanya Google Maps. Meski pernah keki karena 'disasarin' ke jalanan rusak berbatu, tapi tetep cool. Yang ada update kesialan kita via tweet hehe.

» Linked Antara FB dengan Contact & Calendar

Kalau mau phone book kita ada fotonya gampang. Gak perlu foto temen kita satu-satu. Masukin aja email FB mereka. Otomatis foto di picture profile mereka akan masuk di contact. Termasuk tanggal bday mereka. Nah, tanggal bday mereka akan masuk Calendar BB juga. Jadi makin gampang lah untuk cari siapa yang bisa dipalak untuk makan-makan (sebagai anak kos penting ini buat saya :P). Tapi kalau masukin tanggal bday mereka secara manual di contact juga akan masuk kok ke calendar. Event kita di FB juga bisa masuk di Calendar. Tinggal disetting aja.

Sementara itu dulu ya. Overall, seperti lagu jadul Deflepard: When Love and Hate Collide (wah ketebak dah umur gw berapa).

["]quote of the day["]

Botenk: *duduk depan Narko* Es buahnya kurang manis ya, Ghy?
Me: *duduk di samping Botenk* Faktor duduk lu juga, Tenk. Coba ngadepnya ke gw. Gw yakin jadi manis deh.
Narko: *mencari batu untuk disambit ke gw*
Botenk: *nahan mual*


[FYI] Seorang Direktur Teknis di ETV Runs Afsel salah pencet yang harusnya tombol "uji coba" malah tombol "siaran langsung". Sebenarnya ia hanya ingin menyaksikan bagaimana cara menampilkan banner. Yang jadi masalah adalah ia menuliskan "George W. Bush Tewas". Kesalahan teknis plus doa keknya.

3 comments:

Anonymous said...

setuju banget like this

berbagi artikel said...

Duh baru aja gw beli BB Curve 8320 dan tanda2nya udah nampak banget nih... udahmah lodingnya minta ampun lamanya dan sering restart tiba2,,, error jum jum lah, mantap beneeeer nih BB bikin waktu tersita hanya untuk ngurus ni barang agar bisa di pake dan sedikit narsis hehhe,,, iiiiiiiiiiiih daripada nerusin narsis gw dengan BB mending punya SAMSUNG GALAXY TAB impian gw atau Apel MACBook.... daripada BB 8320 masaaaalaaaaaaa mulu... bikin sambel jadinya eeeeh sebel maksudnya... geram jadinya apa di balikin lagi sama penjualnya ya???

Anonymous said...

Hhahhahahaaa ngebahas tentang BB ye bang??
jujur gua paling gak suka ama tuh Hape..
entah kenapa gua jijik banget ngeliat orang-orang yang pake begituan..
itu Hape udah dijadiin Life Style, bukan kebutuhan