Manchester United

First Event


---

Siang tadi, 20 Oktober 2013, akan gue kenang sebagai awal kemandirian gue dalam mendirikan EO. Karena apa, hari ini adalah pertama kali gue handle event di mana semua alat dan crew gue handle sendiri.

Semenjak gue memutuskan untuk bikin EO sendiri, udah ada beberapa event yang gue organize. Bahkan client pertama gue pun sudah ada saat gue masih kerja di kantor lama. Meski omsetnya masih gue sumbangkan ke mereka. Namun awalnya dan sebenernya sampe detik ini gue berharap gak akan jadi pesaing kantor lama gue. Gue pengen jadi agentnya aja. Jadi untuk event outbound khususnya team building, gue akan lempar ke mereka. Gue ambil selisih harganya.

Dulu saat temen gue resign dan buka EO sendiri, gue sering terima order dari dia. Jadi gue handle event dia dengan alat dan SDM gue yang handle. Dia tau beres. Tapi pake bendera EO dia. Jadi gue udah apal bener harga berapa yang masih tetep profit buat mereka. Tapi sayang sekali, mereka cuma sekali ambil event gue dari yakni pas handle event PT. BBE. Event hari ini dari RSPI mereka gak mau ambil. Mungkin budgetnya minim. Padahal gue yakin masih tetep profit. Kan gue pernah di posisi mereka? Sebagai reminder aja, jabatan terakhir gue di sana adalah Marketing Manager. Tapi sudahlah. Gak ada yang sia-sia apapun yang menimpa kita. Karena mereka gak mau handle 'terpaksa' gue handle sendiri. Justru bikin gue jadi mandiri.

Kalau eventnya rafting atau paintball, gue bisa bener-bener sebagai agent. Gue lempar ke rekanan yang punya alat dan SDM-nya. Begitupun kalau eventnya team building. Tapi karena gue handle sendiri, gue meski mempersiapkan semua alat dan perlengkapannya. Baik itu beli, bikin atau nyewa. Seapes-apesnya minjem cuma-cuma. Yang terakhir ini adalah sound system yang gue minjem hotel Via Renata. It's free. Paling kasih tips aja ke orang hotelnya.

Untung masih banyak yang mau bantu gue. Awalnya gue malah dikerjan bekas temen gue di kantor yang lama. Karena kedekatan kita, meski saat ini gue kompetitor, dia bersedia bantu dengan cara bikinin anggaran pembuatan alat yang mau gue bikin. Cuma bikin anggaran. Sisanya gue yang ngerjain. Sebagai imbalannya gue mau bikinin dia SIM, karena kata dia, dia ngajuin bikin SIM di kantor belum apa gak diapprove. Meski cuma bikin anggaran, dia minta waktu beberapa hari. Dia siap kasih anggaran itu 6 hari sebelum event. Sialnya, sampe 6 hari sebelum event, dia gak ada kabar sama sekali. Bahkan 2 hari kemudian alias 4 hari sebelum event juga belum ada kabar! Dia gak bales sms gue ataupun jawab telpon gue. Mungkin dia emang pengen event gue gagal. Ya, meski sohib, dalam dunia kerja saat ini posisi gue adalah pesaing. Oke. Gue bergerak cepat. Dibantu @MrDellan, kelar juga gue bikin alat-alat yang gue pake hari ini. Makasih bro *hug*.

Ini penampakan kegiatan gue siang tadi, dari Nurse Education RSPI (Batch 1):



Dan ini list event-event gue sampai detik ini:
- September 6 - 7, 2013: Emergency RSPI (Batch 1) [Rafting]
(client yang ini meski nemu gue dari web gue, sama seperti beberapa client gue yang sebelumnya, gue kasih ke kantor lama gue. Sebagai penambah omset pribadi gue.)
- September 8, 2013: Operating Theatre RSPI (Batch 1) [Rafting]
- September 13 - 14, 2013: Emergency RSPI (Batch 2) [Rafting]
- September 28 - 29, 2013: PT. Sarana Utama Adimandiri [Rafting & Paintball]
(paintballnya gue masih pake operator kantor lama gue)
- September 28 - 29, 2013: PT. Bukit Baiduri Energi, PT. Indexim Coalindo & PT. Kasongan Bumi Kencana [Team Building]
(ini jadi pertama dan mungkin terakhir, team building gue dihandle oleh kantor lama gue. Selanjutnya mereka gak mau ambil lagi project dari gue. It's ok.)
- October 12, 2013: Treasury Departement PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. [Rafting]
- October 20, 2013: Nurse Education RSPI (Batch 1) [Team Building]

Ps.
Sangat disayangkan, debut team building yang gue handle sendiri ini berjalan tidak sesuai harapan. Gue mengikuti kemauan dari panitia mereka bahwa ini adalah kegiatan outbound, bukan outing. Jadi lebih serius. Nah supaya serius gue pake treasure hunt concept. Tapi pas di lapangan, peserta cuma pengen seneng-seneng. Lagian karena mayoritas ibu-ibu, mereka kurang greget dengan kegiatan pencarian harta karun. Walhasil banyak yang give up. Intinya kurang nendang. Serius gue malu. Apalagi ada 1 trainer gue yang terlalu english. Ribet juga gue. Namanya trainer dadakan. Gak sesuai ekspektasi gue. Gue harus tebus di kegiatan minggu depan, batch 2 tanggal 27 Oktober.

Update 15 Februari 2014:
Untuk liat dokumen kegiatan gue, bisa dicek di:
- iOutbound.com
(slide show 5 event terbaru gue, dan review singkat semua event yang pernah gue handle. Masih tahap pengerjaannya ya...)
- OutboundMurah.com
(khusus dokumentasi event Paket Outbound Murah yang gue punya)
- FB Groups
(semua dokumentasi foto event gue upload di sini. Tapi untuk liat meski join dulu)
- Fan Page
(di sini bisa tau dokumentasi apa yang terakhir gue upload ke FB Groups. Bantu di-Like ya guys...)


[FYI] Nonton film bokep di China bisa dihukum kurungan sampe 3 tahun. Bahkan di Korea Utara nonton bokep bisa dihukum mati! Gak iseng juga lah untuk nonton bokep aja meski ke sana, tul gak?

0 comments: