Manchester United

10 Tahun Ngaskus (2005 - 2015)

Gue butuh komunitas fotografi udik aka newbie aka katro what ever lah untuk saling bertukar kebodohan ...
---

10 tahun yang lalu mungkin gue gak akan menyangka akan selama ini gue ngaskus. Padahal 10 tahun lalu, gue ngaskus cuma untuk bantu @andivox jualin lukisannya. Waktu itu kalau gak salah forum kaskus baru ada The Lounge sama FJB. Udah gitu, karena membernya banyak, thread kita cepet banget kelelep. Akhirnya gue masang iklan lagi di Forum KG (Kafe Gaul). Meski gak laku juga, tetep aja gue aktif di KG. Nyaman di sana. Dan yang bikin nyaman karena gue masih bisa dapetin username 'eghy'. Gak kek di Kaskus. Semua nama panggilan gue gak tersedia waktu itu. Terpaksa gue pake nama asal-asalan di Kaskus. Udah gitu, di Kaskus yang membiasakan ber ane-ane, bikin gue aneh. Karena gue bukan dari partai, you know lah. Yang ngomong selalu ane-ente itu.

Tapi umur KG gak lama. Gak sesolid Kaskus. Padahal postingan gue udah banyak di sana. Kalau di Kaskus udah ISO 2000 lah. Karena KG mati (meski sempet bangkit lagi dari kubur, tapi udah gak segreget sebelumnya), gue beralih ke Kaskus. Sampe sekarang ini. Tapi tetep ya, gue ya gue. Gak akan ber ane-ane. Gak juga ber-gw-gw. G-U-E, gue. Sampe mana tadi?

Sekarang Kaskus udah punya ratusan forum. Saking banyaknya. Meski ya itu, forum paling rame tetep The Lounge, tempat gue biasa nongkrong dan kejang-kejang (istilah Kaskus untuk nge-junk).

9 tahun ngaskus postingan gue kalau gak salah baru 3. Dulu gue cuma buat belanja doang di FJB (Forum Jual Beli)-nya. Bukan sombong. Semua barang KW gue dari belt Hermes, tas seserahan bini gue LV, jam Tag Heuer, semua beli di Kaskus. Mulai rajin posting setahun belakangan lah. Semenjak udah mulai kenal brand ori. Bukan berarti di Kaskus gak ada yang ori-ya? Cuma gue lebih nyaman belanja ori ya di tempat yang ori juga. Yakin gue belanja ori? Haha, itu cuma alasan belagu gue aja. Aslinya sih semenjak gak ada lagi post buat belanja-belanja online. Mata sipit bini gue bisa mendadadak gak sipit kalau gue belanja online terus. Boleh gue belanja online, tapi dia harus belanja juga. Lu tau sendiri barang-barang cewek lebih mahal. So, ngaskus udah gak belanja-belanja lagi. Yang ada malah gue jual-jualin.

10 tahun ngaskus gue pengen bikin sesuatu yang mungkin bisa bermanfaat. Gak buat orang lain minimal buat gue sendirilah. Sebenernya, sebelum ngaskus dengan intens, gue nyoba FN (Fotografer.net). Tapi di sana agak tricky, meski pake nama asli. Bukan malu sama nama asli, gak pede aja (apa bedanya?). Tapi bukan itu main problemnya. Gue ngerasa di FN gue terlalu newbie. Mau nanya yang cemen-cemen ngeri dibully. Atau dianggap katro.

Di Kaskus, gue coba bergaul di Forum Fotografi. Sebelas dua belas sama di FN, gue ngerasa belum layak berdiskusi cara menghasilkan jepretan keren sementara cara matiin camera atau cara nyopot lensa aja gue gak tau. Gue butuh komunitas fotografi udik aka newbie aka katro what ever lah untuk saling bertukar kebodohan dalam dunia fotografi. Bertukar kebodohan? Misal, bingung nentuin Speed dan Diafragma di Manual Mode (make P atau Auto gengsi), putar kenop ke P (Program atau Auto Mode juga, cuma ISO masih kita yang nentuin sendiri. Dan titik fokus masih bisa kita atur, gak full auto kek Auto Mode), intip angkanya, balikin ke Manual Mode, samain angkanya dengan P tadi. Bodoh tapi pintar kan? Ngerti gak sih?

Kurang lebihnya sih gitu. Gue butuh komunitas fotooo... eh tadi udah ya? Terbersitlah nama Kampret.org. Yang kalau diartiin dengan maksa adalah: Komunitas Amatir Tukang Jepret. Kebetulan domainnya masih available. Bikin Kaskus Accountnya kampret.org. Done. And than?


Layaknya Komunitas, gue gak mungkin sendirian. Gue harus cari orang lain minimal 1 orang. Ya gak apa-apa. 2 orang awalnya juga gak apa-apa kok. Dan gue juga gak harus jadi ketuanya ya? Gue terlalu (sok) sibuk untuk jadi Ketua Komunitas.

Singkat kata, web kampret.org masih belum gue apa-apain. Web outbound.id pekerjaan abadi yang gak kelar-kelar. Belum lagi web rajakaos3d.com dan apalagi lirik.id dan lagu.id. Entahlah. Meski laptop ada 2, tetep aja tangan gue cuma 2. Coming soon saja lah semua :D.

Yang mau chit-chat atau nekad jadi member, silakan meluncur ke bit.ly/Kampret.

0 comments: