Manchester United

Gaya - gaya Kiper Saat Menghadapi Algojo Penalty


Source: ibetroom.com

Euro 2016 sudah memasuki babak knock out. Di mana 16 negara telah lolos dari babak penyisihan, yakni: Swiss, Polandia, Wales, Irlandia Utara, Kroasia, Portugal, Perancis, Rep. Irlandia, Jerman, Slovakia, Hungaria, Belgia, Italia, Spanyol, Inggris dan Islandia. Beberapa negara malah sudah memastikan lolos ke perdelapan final, yakni: Polandia, Wales, Portugal, Perancis, Jerman dan Belgia. Sementara Swiss, Irlandia Utara, Kroasia, Rep. Irlandia, Slovakia, dan Hungaria harus angkat koper dari Perancis. Tinggal 2 negara yang akan menyusul ke babak perdelapan besar, atau malah menyusul mengangkat koper dan pulang ke negaranya masing-masing, yakni: Italia atau Spanyol dan Inggris atau Islandia.

Di babak knock out ini memang tidak mengenal kata seri aka draw. Karena kalau kedudukan sama kuat di 2 x 45 menit maka akan dilakukan perpanjangan waktu yakni 2 x 15 menit. Kalau masih sama kuat maka ditentukan melalui penalty aka tos-tosan. Di sini lah seorang kiper akan dipuji setinggi langit atau akan dicaci maki sama pendukungnya sendiri.

Dalam menghadapi Algojo titik putih, ada beberapa gaya dari penjaga gawang ini. Di antaranya adalah:

1. Gaya Terbang


Ini adalah gaya favorit gue. Di mana kiper akan terbang ke kanan atau ke kiri (jarang banget terbang ke depan apalagi ke belakang!) untuk menghalau bola yang datang. Kalau bolanya sama dengan arah dia lompat dan gagal masuk, akan terlihat epic banget. Tapi kalau bola tetap masuk padahal arah lompatanya sudah benar, akan bikin fans team si kiper ini akan ngomel-ngomel gak karuan. Yang paling fail tentu saja, arah lompatan dan bola gak sama, dan masuk! Mau sekeren apapun kiper ini terbang, tetap gak akan ada gunanya!

2. Gaya Grogi


Di gaya ini, kiper terlihat grogi. Biasanya ditandai dengan dia bergerak-gerak terus ke kanan dan kiri. Dan kegrogian kiper ini kadang menular ke algojonya yang ikut-ikutan gerak ke kanan dan ke kiri juga. Ya enggak lah! Gak sampe ikutan gerak juga, cuma si penendang ikutan grogi aja. Kegrogian kiper banyak sebabnya. Karena kegantengan si penendang, takut bola menabrak bagian tubuh yang sangat berharga, inget jemuran belum diangkat dan di langit mendung begitu pekat, atau bisa jadi kipernya lupa pake CD sehingga takut celananya melorot pas dia menangkap bola nanti. Tapi sudahlah. Gak usah dipikirin. Lanjut ke gaya selanjutnya.

3. Gaya Batu


Ini adalah kiper paling ngeselin bagi fans sepakbola. Gak tau kakinya kesemutan atau ada yang iseng mengelem sepatunya ke tanah, kiper ini diam saja saat bola masuk ke gawang. Awalnya sih terlihat dia gaya-gayaan mau nangkap dan seolah bisa membaca arah bola. Tapi selanjutnya bola masuk gawang dia cuma bengong saja!

Sebenarnya masih banyak gaya lagi. Tapi berhubung gue ngantuk, segitu aja dulu deh.

0 comments: