Manchester United

9 Profesi yang Sebaiknya Tidak Bermain Pokemon Go Apalagi Jika Sedang Bertugas

Source: pokemon.com


Game berbasis aplikasi Pokémon Go sedang hits-hitsnya. Setiap hari di pemberitaan tv, di forum-forum, socmed, semua pada ngebahas game ini. Lebih hits dibanding saat game Angry Bird atau Flappy Bird nongol. Gue pribadi belum pernah mendownload atau sekedar iseng mainin di hp orang. Selain emang belum resmi release di Indonesia, hp gue out of spec untuk game ini gue type old school yang di hp gue aja cuma ada 1 game, yakni PvZ 2. Di lappy gue aja selain game bawaan Windows, cuma ada Asphalt 8. Itu aja semuanya jarang gue mainin. Kalau di iPad emang lebih banyakan game yang ada di sana. Itu pun cuma agar anak kecil tetangga (read: Nia Gendu 'Anak Om') anteng saat main ke rumah. Lah, jadi ngelantur, sampe mana tadi?

Prediksi gue sih, trend Pokémon Go ini kek trend batu akik tempo hari. Ada masanya lah. Sekarang aja jasa berburu Pokémon Go mulai marak. Komunitasnya lahir di mana-mana. Ada yang sampe bela-belain resign kerja. Sekarang. Tapi sampai kapan? Hehe. Tanya aja sama akik bacang engkong kita dah...

Sesuai judul gue di atas, ada 9 profesi yang menurut gue sebaiknya tidak memainkan game ini, apalagi jika sedang bertugas. Just in my humble opinion ya? Yang gak setuju silakan saja. Dan berikut profesi-profesi yang gue maksud:

#1 Pilot, Masinis, dan Sopir Public Transportation Lainnya

Source: pojoksatu.id

Hush, udah-udah jangan diliatin terus. Doi namanya kalau gak salah adalah Elesta Apriliana. Sorry bikin kecewa kalian. Gue bukan mau bahas soal dia soalnya hehe.

Profesi Pilot (apalagi Pilot Pesawat Tempur), Masinis dan Sopir Public Transport lainnya, adalah profesi yang membutuhkan konsentrasi level dewa. Gimana enggak, meleng dikit nyawa dia dan penumpang lah taruhannya. Apa jadinya kalau Pilot Pesawat Tempur ditugasi untuk mengebom daerah A misalnya, tapi karena keasyikan main Pokémon Go dan ada monster di daerah lain dia belok. Bisa-bisa ngebom Negara sendiri haha. Atau Masinis Kereta Api deh, lagi jalan enak-enak 'tuuuut - tuuuut - tuuuut' eh dia liat ada monster imut Pokémon, beloklah tu kereta seenak dia keluar rel. Kan bahaya! Apalagi kalau kereta ini justru masuk jalur busway. Wah, bisa-bisa berantem tuh sopir busway dan masinis tadi rebutan monster. Kasian penumpangnya juga. Kalau lagi sama-sama main Pokémon Go sih mendingan.


#2 Tentara dan Polisi

Source: kanalpost.com

Aduh gustiii, udah dooong. Gue tau senyumnya bikin klepek-klepek. Tapi jangan norak gitu lah kek gak pernah liat Polwan cantik aja. Sorry, ada yang liat tissue gak?

Profesi ini juga vital banget dalam sebuah Negara. Yang satu untuk bela negara. Yang satu ya 'pelayan' masyarakat. Kalau tentara lagi tugas malah keasyikan main Pokémon Go dan ninggalin postnya pas ada serangan dari negara lain gimana? Atau Polisi lagi tugas di jalan raya malah sibuk berburu monster Pokémon ya bisa-bisa semrawut jalanan kita!


#3 Dokter Bedah

Source: detik.com

Dokter: (Sodorin gergaji gunting) 'Sus, tolong ambilin hp saya!'
Suster: (Meletakkan gergaji gunting). 'Hp, Dok? Mau selfie? Lagian, kok yang dibedah perut, Dok? Bukankah dia sakit mata ya?!'
Dokter: 'Siapa tau ada Pokemon di sana.'
Suster: (Pingsan)


#4 Pialang Saham

Source: teropongbisnis.com

Pekerjaan Pialang Saham membutuhkan tingkat konsentrasi tingkat tinggi 11-12 dengan Pilot Pesawat Tempur. Matanya terus menerus memantau pergerakan saham. Terkadang sambil menerima panggilan telepon. Apa jadinya kalau lagi kerja begini mereka justru asyik main Pokemon Go? Bisa-bisa abis duit nasabahnya!


#5 Wasit Sepakbola

Source: buffalo-speedway.com

Duh, wasit kek gini nih yang bisa bikin baper. Eh, mau bahas apa tadi sampe lupa.

Profesi ini bukan hanya gak boleh main Pokemon saat bertugas, tapi haram hukumnya! Oke sih, kerjanya di lapangan yang kemungkinan besar banyak monster pokemon di sana, tapi jangan juga aji mumpung! Bisa kacau permainan sepakbolanya nanti! Hal ini juga berlaku untuk wasit olahraga lain ya dari badminton sampe balap karung championship :)


#6 Atlet

Source: buffalo-speedway.com

Eh eh, matanya halloooow....! Nah okesip. Gue lanjut ya. Eh itu kamu, tangan satu lagi kemana?!

Kalau wasitnya aja gak boleh apalagi yang main ya? Ah, gambarnya bikin gue lupa deh tadi mau ngetik apa!


#7 News Anchor

Source: bintang.com

Source: ligagame.com

News anchor aka pembaca berita di tv, memiliki tugas yang harus ekstra fokus. Gak boleh salah nyebut nama orang yang diberitain, apalagi sampe salah nyebut nama stasiun tv tempat dia bekerja! (Ada googling aja videonya haha) Gak boleh juga kepleset lidah. Pada kata-kata tertentu harus ekstra fokus dan hati-hati, semisal kata: jalan tol, kontrol, mimik, dan sebangsanya. Nah, kepleset lidah aja gak boleh apalagi sambil main Pokemon Go! Boleh sih kalau mau karirnya tamat saat itu juga :)

Berlaku juga untuk reporter ya, Guys... Terutama banget pas live report!

Source: google.com



#8 Apoteker

Source: hipwee.com

Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Apoteker adalah sarjana farmasi yang telah lulus sebagai apoteker dan telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker (berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 51 Tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian).

Salah satu tugas dia (silakan dikoreksi jika gue salah) adalah membaca resep dan memberikan obat berdasarkan yang tertera di resep. Apa jadinya kalau sampe dia salah ngasih obat disebabkan sibuk berburu monster pokemon? Lebih fatal lagi sampe meninggalkan apoteknya kosong karena hunting pokemon di luar!


#9 Umbrella Girl

Liat judulnya kalian (baca: para cowok) pasti happy haha. Tapi maaf sudah membuat kalian kembali kecewa. Silakan cari penampakannya sendiri di Google.

Umbrella Girl menjadi bagian tak terpisahkan dari motogp. Tanpa mereka, maka motogp akan hambar. Bagai sayur tanpa garam. Namun kehadiran mereka juga akan absurd kalau mereka bukannya sibuk memayungi ridernya tapi malah asyik berburu monster pokemon. Udah gitu berburunya di lintasan balap. Bisa membahayakan nyawa dia maupun para pembalap. So, gue dengan rendah hati dan sepenuh jiwa raga berharap dan memohon dengan sangat kepada kalian para Umbrella Girl, tetaplah berdiri manis di samping pembalap kalian. Gak perlu sambil berburu monster pokemon. Kalau mau hunting tu monster nanti aja di rumah.

So kesimpulannya, seperti yang tadi gue sebut di awal, trend Pokemon Go sama dengan trend lain yang pernah booming. Semisal ikan lohan atau batu akik bacan. Gue gak punya 1 pun ikan lohan maupun batu akik! Bijaklah dalam memainkannya game ini. Dan game lainnya juga sih. Tidak di jam kerja. Apalagi jika pekerjaan kita menuntut tingkat konsenterasi penuh. Dan nikmatilah persembahan bonus dari gue :D

Source: kapanlagi.com

Source: laporpolisi.com

Source: cyberspanceandtime.com/

Source: buffalo-speedway.com


Pliiis, fokus ke minumannya ya!

Source: kriminilatas.com

0 comments: