Manchester United

Awkward Lebaran

Lebaran sudah berlalu. Bahkan hari ini saja beberapa dari kita udah ada yang mulai kerja. Tak lupa gue mengucapkan Selamat lebaran bagi yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin.

Dalam setiap moment lebaran, terkadang ada kejadian-kejadian unik nan canggung yang kita alami. Dan berikut di antaranya:

1. Gak Sengaja Ketemu Mantan



Awkward ini sengaja gue jadikan nomor 1 karena inilah moment paling gak diharapkan oleh siapapun terutama bagi yang sekarang udah punya yang baru atau mantan udah punya pengganti kita. Kalau masih sama-sama jomblo atau sama-sama udah punya yang baru sih gak gitu masalah. Yang jadi petaka adalah kalau salah satu saja dari kita yang udah punya pasangan yang baru. Pasti posisinya akan sama-sama gak nyaman.

Bagi yang masih jomblo ini petaka di hari kemenangan. Ngapain harus ketemu mantan yang udah punya yang baru sementara dia masih solo karir?!

Bagi yang udah pasangan pun di dalam hati kecilnya ada perasaan gak enak pasti. Yang gue pribadi susah menjabarkannya. Perpaduan antara iba dan kasian sama mantan kita, perasaan bersalah putus dari dia, menjaga perasaan dia di depan pasangan, tapi juga menjaga perasaan pasangan kita dari mantan kita ini. Plus mencegah tidak terjadi perang berdarah di hari nan fitri ini.

Peluang ketemu mantan besar terjadi kalau:
a. Mantan masih tetangga. Tinggalnya gak jauh, beda blok doang misalnya.
b. Masih ada hubungan kekerabatan.
c. Satu sekolah, kampus atau komunitas.


2. Baju Lebaran Samaan


Source: arah.com


Bagi sebagian dari kita terutama cewek, baju lebaran itu adalah elemen penting dalam merayakan lebaran. Jauh-jauh hari udah mantau account IG artis untuk lihat baju lebaran yang lagi hits. Masalahnya adalah, baju lebaran ibarat musim durian yang mana jutaan umat membelinya. Gak menutup kemungkinan akan ketemu kembarannya saat merayakan lebaran.

Gue pribadi sebagai cowok sih gak ada masalah, perasaannya sama kalau lagi nobar bola. Iya lah. Jerseynya sama semua. Kalau beda cari mati namanya haha. Tapi bagi cewek, baju samaan adalah petaka yang sangat-sangat dihindari. Tapi herannya, udah tau gak mau samaan, tapi cari referensinya samaan, dari IG artis lah, majalah fashion lah, jadi wajar kalau ketemu kembaran tidak sedarah :)


3. Berebut Hidangan Lebaran


Source: tempo.co


Lebaran identik dengan makan-makan. Berbagai makanan enak akan mudah kita temukan setelah sebulan penuh jarang ketemu makanan apalagi siang-siang. Kalau kue yang mainstream sih di rumah juga banyak. Beberapa ada makanan enak yang jarang kita temui di tempat lain. Adanya pas makan besar keluarga atau semacam itu. Nah, terkadang karena jumlah yang makan banyak jadinya gak semua kebagian. Berlaku hukum siapa cepat dia dapat. Di sini gak enaknya. Santai-santai ya gak kebagian. Ngambil dikit takut kurang dan nanti mau nambah udah abis. Ngambil banyak gak enak dicap kemaruk. Serba salah. Apalagi kalau pas mau ngambil tinggal 1 dan yang ngambil gak cuma kita! Kalau udah gini mending tadi ngambil makanan yang lain deh haha.

4. Duit Lebaran (Salam Tempel / Persenan) Disebutin


Source: bisnis.com


Lebaran adalah masa di mana anak kecil ngumpulin duit baru sebanyak-banyaknya dari kita-kita yang udah punya penghasilan. Bagi yang adik atau keponakannya bejibun kek gue, apalagi emang lagi agak-agak cekak, terkadang kita gak bisa kasih banyak. Untuk ngakalinnya bisa dengan cara pecahan kecil tapi lembarannya banyak biar kelihatan banyak, atau bisa juga dimasukin amplop. Tapi ini jadi bumerang saat terkadang dengan polosnya di depan keluarga besar si anak ini nyebutin hasil perolehan pendapatannya dan sialnya, dari kita paling kecil :( Malu banget pasti. Hawanya pengen pura-pura belum dilahirkan deh.

Anyway, duit lebaran di setiap tempat namanya gak sama ya? Ada yang nyebutnya persenan, angpao, duit lebaran, salam tempel, dan macem-macem. Artinya sama saja sih.


Masih ada beberapa lagi sih keknya. Silakan tambahin bagi yang berkenan :)

1 comments:

mukidijogja said...

Tradisi lebaran indonesia memang unik, dari THR, MUDIK, sampai Hidangan Hari Raya nya itu selalu menjadi topik yang bagus. Ragam budaya di indonesia juga mempengaruhi tradisi lebaran di tanah air tercinta ini..