Manchester United

5 Hal yang Akan Dialami Saat Pertama Kali Punya iPhone

Sebelumnya, tulisan ini tidak underestimate pada hp merek lain. Sekedar pengalaman pribadi penulis dan teman-teman penulis :)

Memiliki iPhone, adalah impian sebagian besar dari kita. Meski design-nya terkesan itu-itu saja, namun smartphone ini memiliki kelebihan dibandingkan smartphone merek lain. Gue pribadi gak akan membahas dari sisi ini. Gue akan membahas, 5 hal yang akan terjadi saat pertama kali punya iPhone:
---

1. Sticker Apple


Ini yang paling khas yang keknya jarang ditemukan di hp merek lain, sticker apple. Sticker ini iconik banget. Biasanya ditempel dengan bangga di kaca mobil bagian belakang. Menurut gue ini genius banget. Promosi gratis. Tapi entahlah, di luar sana ada atau enggak yang jual sticker ini tanpa harus membeli product apple gue juga kurang tau.


2. Apple ID


Untuk menggunakan iPhone dengan nyaman, kita perlu yang namanya Apple ID. Padahal jaman baheule pas hp pisang lagi jaya-jayanya, jaman hp hanya digunakan untuk telpon dan sms-san, gak ada ID apapun yang dibutuhkan. Pake pake aja. Tapi iPhone beda. Bagi yang belum punya Apple ID mau gak mau harus membuatnya. Baik dari iPhone langsung maupun via browser di laptop. Bikin Apple ID gampang-gampang susah. Tapi sekarang sih gak sesulit dulu dimana kita harus punya kartu kredit. Sekarang tanpa kartu kredit juga bisa bikin Apple ID. Bagi yang males, tentu minta tolong bikinin orang lain. Bahkan ada yang bela-belain beli loh Apple ID ini. Seriusan deh.


3. Masukin Lagu


Punya hp keren gak buat dengerin lagu kok sayang banget rasanya. Masalahnya, download via iTunes mayoritas dari kita sayang lah. Harus pake kartu kredit pula! Apalagi kalau di laptop tersedia ribuan mp3 dari berbagai genre. Masalahnya adalah, gimana cara mindahin koleksi mp3 kita ini iPhone baru kita. Jawaban sederhananya adalah: via iTunes saja kok. Jangan lupa instal iTunes terbaru di laptop dan bikin beberapa playlist. Tinggal colok dan sync saja deh. Mau per playlist boleh mau per lagu juga bisa. Tapi jangan khilaf. Liat-liat juga. Kapasitas iPhone kan terbatas. Jadi jangan juga semua lagu lu masukin. Pilih saja beberapa lagu yang elu banget.


4. Paket Internet


Smartphone gak akan jadi smart tanpa yang namanya paket internet. Gak terkecuali iPhone. Yang baru pertama punya iPhone apalagi kalau ini smartphone pertama mulai deh memilah-milah pake kartu apa. Meski mayoritas iPhone yang tersedia di Indonesia biasanya dibundling dengan operator tertentu, tapi bukan jaminan kartu itu yang akan kita gunakan. Gue pribadi beli iPhone waktu itu dapet perdana X*. Tapi karena gue males nambah nomer yang udah kebanyakan, gue internetan pake Is*t. Hampir 3 tahun gue inetan pake provider ini. Sampe beberapa waktu lalu gue beralih ke modem yang udah support 4G. Karena iPhone gue cuma mentok di 3G. Ditambah signal nomer ini di rumah gue jelek banget. Tanpa modem gue gak bisa inetan. Padahal quota masih banyak. Dan gak lama setelah itu, karena modem gue juga cuma bagus di Jakarta sementara gue sering keluar kota, nomer internetan gue ganti pake Ts*l.


5. Photographer Wannabe

Setelah punya iPhone pertama kali, rata-rata mendadak demen fotografi. Terutama cewek. Instagram yang tadinya jarang diupdate kini super update dengan puluhan selfie, makanan, kalau perlu #OOTD. Gak salah juga sih. Fotografi kini gak lagi dimonopoli oleh DSLR. Kamera hp terutama iPhone pun gak kalah. Apalagi kalau ditunjang dengan aplikasi lain sebagai penunjang. Macem-macem lah. Sejenis 378 eh, 360. Gue pribadi gak make sih. Di App Store banyak kok.

Itu saja sih menurut gue. Mau nambahin silakan. Beda pendapat juga gak dilarang :D

Image Source: Google.com

Update:
Gue tambahin ya... Kali ini versi kurang enaknya:

6. iMessage, Tamu di Rumah Sendiri


Meski iPhone semakin populer, tapi tidak dengan iMessagenya. Masih kalah dari WhatsApp. Bahkan kalah dari BBM. Instant Messaging dengan warna khas biru ini bisa disetup baik pake nomor hp maupun email. Mungkin nanggung. Daripada pake iMessage udah aja kirim email sekalian. Gue pribadi lebih familiar nanya atau ditanya nomor WA nya ketimbang nomor iM-nya.


7. Charger yang Ringkih


Udah bukan rahasia lagi kalau charger iPhone (dan iDevice lain macam iPad dan iPod) cepet rusak di ujungnya. 3 charger gue bentuknya udah kek gitu. Awalnya kabel iPad duluan rusak. Walhasil, kalau mau ngecas iPad pake kabel iPhone. Eh, kabel iPhone gue ikutan terkelupas. Walhasil pake kabel iPhone nyonya. Sekarang charger nyonya juga bagian atasnya udah terkelupas sampe gue selotipin. Intinya sih, gak sekuat charger Nok*a haha.

0 comments: