Monday, December 23, 2019

Custom URL YouTube


---
Alhamdulillah, setelah sekitar 2 bulanan ini mulai rutin upload video ke channel youtube gue yang udah bertahun-tahun mangkrak (semangkrak blog ini haha), berhasil juga gue mendapatkan 100 subscribers. Iya gue tau baru 100 subscribers. Jutaan subscribers gue kelak berawal dari sini loh.

100 subscribers dalam dunia peryoutube-an itu penting banget. Karena dengan 100 subs itu kita bisa claim URL. Salah satu syaratnya itu. Syarat yang lain sih, udah berusia 30 hari, memasang foto icon dan juga channel art. Lebih detail kalian bisa baca di sini: support.google.com/youtube/answer/2657968?hl=ens.

So, yang sebelumnya channel gue diakses mudahnya via bit.ly/eghydotnet, sekarang udah bisa diakses youtube.com/eghydotnet. Keren kan?

Cuma, biar subscriber gue (yang mayoritas temen-temen gue dan mengsubs antara terpaksa dan kasian) gak pada kabur atau nyesel udah sub channel gue, gue harus mulai serius dalam mengelola channel ini. Tapi untuk fokus di satu bidang saja gue agak susah, takut bosen, jadi gue mengkategorikan channel gue ini dengan 2 tema, yakni:

1. Tutorial
Gue ngeblog udah 21 tahun! Buset, kalau blog ini adalah anak, keknya dikit lagi gue siap-siap mau ngawinin haha. So, meski blog udah gak se-hype gue doeloe, gue akan berbagi pengalaman di sini. Abis, gue mau bikin tutorial ngevlog (dalam hal ini youtube) ya gue aja masih belajar. Lupa, kalau gue baru punya 100 subscriber? Jadi ini dulu deh temanya.

Sebenernya gue sama bini gue juga udah siap nyiapin 1 channel yang berkaitan dengan hobby kami berdua yakni kulineran. Tunggu tanggal mainnya deh ya. Dan ternyata, bini gue juga rupanya ada hasrat untuk jadi youtuber solo, baiklah. Tapi dengan tema yang gak jauh dari makan-makan.

Anyway, bini gue duluan malah yang demen youtube-an. Gue demen sesuatu emang suka telat. Tapi sekalinya udah demen, gue akan menekuninya dengan sungguh-sungguh. Cuma jeleknya gue adalah suka bosenan. Semoga kali ini gak bosenan ya, guys...

2. Personal
Yang ini sesuai dengan namanya, berisi tentang gue dan keluarga. Bisa tentang vlog gue, cerita soal gue jadi driver ojol seperti video yang ini; video (satu-satunya) akad nikah gue kek yang ini; video #LucunyaNiaGendhu.

Dan biar berasa kek orang puasa sunah, gue akan upload tiap Senin dan Kamis. Senin upload soal Personal (anggap saja abis jalan-jalan weekend, kalian di kantor gue racun deh dengan video jalan-jalan kami), dan Kamis soal Tutorial. Semoga Kamis kalian gak sibuk jadi sempet liat video gue ini.

Sabtu barulah kelak gue akan upload video di channel gue dan bini gue. Makanya doain gue cepet kaya biar kebeli cam lagi dan macbook, jadi ngebantu banget gue dalam shooting dan editing. Kalau sekarang dengan lappy super lemot ini gak bisa kerja cepet gue jadinya. Apalagi rekamnya pake hape ojol yang bikin suara lari-lari. Suara kemana bibir gue kemana haha...

So, silakan subscribe dari sekarang dan jangan lupa bunyikan belnya biar kalau gue upload lo dapet notifnya. Gak tau cara subscribe channel gue? Klik nih youtube.com/c/eghydotnet?sub_confirmation=1 dan muncul popup klik SUBSCRIBE. Bisa juga copas di URL browser kalian: bit.ly/subeghy.

Makasih ya...

No comments: