Wednesday, January 1, 2020

Institut Musik Jalanan (IMJ)

---
Sebagai mantan pengamen jalanan yang pernah mengamen di bus-bus, terminal dan juga rumah-rumah makan, gue tau betul bagaimana kerasnya kehidupan di jalanan. Namun kerasnya hidup tidak berbanding lurus dengan harapan untuk bisa naik kelas menjadi musisi profesional.

Adalah Institut Musik Jalanan (IMJ), sebuah komunitas di Depok - Jawa Barat, yang sudah sejak tahun 2013 tanpa pernah menyerah untuk membantu para musisi jalanan mencapai impiannya untuk naik kelas. Dari memiliki album karya mereka sendiri, tampil di event-event bergengsi, hingga mendapat support dari pemerintah (Kemdikbud RI) dan salah satu pembayaran elektrik terbesar di Indonesia yakni GoPay.

Kampus untuk anak Jalanan ini dibina oleh tangan dingin seorang anak muda luar biasa Andi Malewa. Yang karena keuletan dan dedikasinya yang luar biasa lah, banyak musisi jalanan yang kini telah naik kelas. Mungkin kalian pernah menyaksikan Sinyo, atau yang sedang hype 2 band yang anggotanya musisi tunanetra The Talkback Band dan Koste Band perform bukan lagi di pinggir jalan atau buskota, tapi di pusat perbelanjaan bergengsi di ibukota.

Andi kini tidak sendiri, karena beberapa musisi tanah yang memiliki kepedulian pada anak jalanan juga ikut menjadi dosen tetap di IMJ. Sebut saja Glenn Fredly dan Ridho Hafiedz (Slank).

Selain sedang mempersiapkan album kompilasi yang ke 3, IMJ baru-baru ini juga mengadakan Konser Perdana IMJ pada tanggal 16 Desember 2019 di M Bloc Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kiprah IMJ dan perjalanannya dapat dilihat di website mereka www.institutmusikjalanan.org. Sudah saatnya #PengamenNaikKelas #INSPIRINGCOMMUNITIES

No comments: