Thursday, January 2, 2020

Membaca Karakter Seseorang dari Cara Browsing



---
Semua orang mungkin pernah browsing. Tapi tau gak sih, kalau karakter seseorang bisa terbaca dari cara dia browsing? Mau tau lebih lanjut? Simak terus ya...

Saat gue mengambil rekaman ini, masih dalam suasana tahun baru. Selamat Tahun Baru 2020. Gak usah kuatir, gue gak akan membahas resolusi gue tahun ini, yang gak beda jauh dari tahun sebelumnya, yakni membuat resolusi untuk tahun depan.

Keceriaan tahun baru, harus dinodai dengan duka cita karena musibah banjir datang. Tak lupa gue pribadi menyampaikan rasa duka dan prihatin yang mendalam atas musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya, juga wilayah lainnya. Semoga segera surut dan situasi kembali normal seperti sedia kala. Aamiin.

Karena pertimbangan ini pula, gue yang udah menyiapkan materi yang lumayan serius, gue postponed untuk materi yang akan datang saja. Dan lagi-lagi gue akan telat upload nih. Mohon maaf sebelumnya.

Browsing, kalau istilah ini dulu ngetop dengan istilah surfing alias berselancar di dunia maya, adalah salah satu favorite gue untuk membunuh kegabutan. Beberapa orang sih (terutama istri gue) lebih seneng berlama-lama main instagram atau nonton video youtube. Tapi biar bagaimanapun, sekali dua kali pasti pernah yang namanya browsing.

Nah, awalnya gue gak begitu ngeh sih. Tapi setelah gue amati dengan cara seksama dan dalam tempo yang gue sendiri gak tau berapa lama, ada 2 type orang saat browsing. Baik di PC maupun di handphone. Nah, lo ada di type yang mana?

Type #1: Browsing diawali dengan googling dulu, alih-alih menuliskan alamat web yang akan dibuka.
Type #2: Menuliskan dengan pasti alamat web yang akan dibuka.

KARAKTER MASING-MASING TYPE INI:

Type #1:
Cenderung simple. Gak suka ribet. Flexible.

Kalau ngemall siap berlama-lama keliling-keliling dulu sampe nemu apa yang akan dia beli.

Kalau nonton film, pergi ke cinema dulu baru menentukan mau nonton apa, disesuaikan dengan jam yang paling terdekat, atau film yang paling menarik.

Menurut gue, kehidupan type orang ini sangat mengasyikkan. Gak kaku dengan situasi yang ada. Bisa menghidupkan suasana orang-orang di sekitarnya.

Orang dengan type ini seru diajak ngobrol. Tapi jangan ngobrol yang berat-berat. Apalagi yang sifatnya rahasia dan pribadi.

Tapi kekurangannya adalah: cenderung labil dalam pendirian. Kadang kebanyakan pertimbangan yang malah akhirnya gak jadi mengambil keputusan.

Type #2:
Yang ini kebalikannya type yang pertama. Cenderung perfeksionis pada segala sesuatu.

Kalau ke mall, udah tau mau ke outlet/store apa, beli apa, udah tau range harganya. Bahkan bayar pas cash atau card aja dia udah tau. Gak akan buang-buang waktu untuk keliling-keliling. Karena sebelum memutuskan mau beli apa, dia udah cari tau dulu sebelumnya. Terutama browsing, atau udah pernah datang sebelumnya.

Kalau mau nonton nih, udah tau mau nonton film apa, di cinema mana, jam berapa, harga tiketnya aja dia udah tau duluan.

Menurut gue, kehidupan orang ini sangat teratur. Sangat menghargai waktu. Hidupnya udah terjadwal. Teratur pokoknya. Janjian dengan orang type ini enak, gak bertele-tele, tempat dan waktunya. Dan kecil kemungkinan telat. Kecuali kejebak banjir! Ah, banjir lagi.

Satu lagi, type orang seperti ini bisa menjaga rahasia. Baik rahasia sendiri maupun orang lain. Cocok untuk jadi temen curhat.

Kekurangan type ini menurut gue adalah: cenderung membosankan. Hidupnya monoton. Hal-hal baru jarang. Seleranya itu-itu aja. Mudah ditebak. Kalau makan di restoran X, makannya selalu menu yang sama, dan duduk di tempat yang sama.

Yang beda pendapat sama gue silakan tulis di komentar. Karena bisa jadi pendapat gue ini salah.

Semoga video ini bermanfaat. Gue Eghy. Sampai jumpa...

No comments: